Selasa, 02 Maret 2010

Keragaman Manusia

Individu manusia sangatlah berpengruh pada pola /atau cara manusia berprilaku. Individu manusia juga bukan berarti sebagai manusia yang terbagi melainkan manusia yang terbatas sebagai manusia perseorangan. Individu manusia itu sendiri akan muncul bakat atau kelebihan dari individu masing-masing jika manusia itu dapat mengolah potensi yang ada didalam individu perorangn. Manusia sebagai individu sendiri dapat diartikan oleh (Hartomo, 2004 : 64) sebagai seorang manusia yang tidak hanya memiliki peranan khas didalam lingkungan sosialnya, melainkan juga mempunyai kepribadian serta pola tingkah laku sepesifik dirinya. Dan juga menurut (Abu Ahmadi, 1991:23) Individu berasal dari kata latin individuum yang artinya tidak terbagi yang menekankan penyelidikan kepada kenyatan–kenyataan hidup yang istimewa dan seberapa mempengaruhi kehidupan manusia. Jadi pada dasarnya manusia sebagai individu mempunyai banyak sifat , tingkah laku, dan kehidupan social yang berpengaruh kepada kehidupan perorangan.

Manusia dapat berperan di dalam kehidupan keluarga dikarenakan manusia memiliki naluri kasih sayang antara sesama mahluk hidup disini dengan seluruh anggota keluarga yang berperan sebagai pendukung baik secara materi maupun spiritual di kehidupan perorangan dan juga peranan keluarga bagi manusia sendiri dapat dikatakan sebagai pembelajaran manusia untuk kehidupan yang lebih luas. Dikarenakan didalam keluarga sendiri manusia diajarkan bagaimana bersosialisasi dengan baik didalam anggota keluarga antaranya ayah, ibu, kaka, ade, nenek, kake, dan anggota keluarga lainya . dan manusia juga memiliki berbagai macam emosi disini peran keluarga sebagai salah satu pembentuk sifat, karakter dan emosi manusia yang nantinya akan baik atau bisa juga buruk tergantung apa yang diajarkan oleh kelurga didalam manusia itu sendiri. Dan juga diajarkan sopan santun dan norma-norma yang baik dan buruk yang ada di keluarga sehingga nantinya akan berpengaruh kepada kehidupan manusia itu sendiri.

Peranan manusia didalam masyarakat sangatlah penting dan juga setiap manusia membutuhkan orang lain untuk bersosialisasi, motivasi, dan juga kerja sama dalam hal pekerjaan atau organisasi. Manusia itu sendiri dalam masyarakat harus mengikuti norma-norma dan aturang yang lebih besar lagi dibandingkan norma-norma yang ada di dalam keluarga. Manusia tidak akan berkembang jika manusia itu hidup sendiri karena dengan adanya masyarakat manusia dapat berpotensi dengan baik untuk diri sendiri maupun orang lain maka dari itu manusia dikatakan sebagai makhluk sosial. Ada beberapa factor yang mendorong manusia untuk hidup bermasyarakat diantaranya : 1. Adanya dorongan manusia untuk mengembangkan keturunan dengan bersosialisasi atau bermasyarakat manusia akan siap di dalam hidupnya. 2. Adanya kenyataan bahwa manusia mahluk yang lemah oleh karena itu manusia selalu membutuhkan orang lain disini masyarakat yang berperan. 3. Manusia bermasyarakat telah terbiasa dari lahir mendapat bantuan yang berfaedah dari orang lain dan lingkungannya. 4. adanya kesamaan keturunan, kesamaan territorial, nasib, keyakinan/cita-cita, kebudayaan, kewarganegaraan dll. Oleh karena itu keragaman manusia didalam individu, keluarga dan masyarakat itu sendiri saling berhubungan dan berperan penting untuk kelangsungan hidup manusia perorangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar